Beranda > Uncategorized > Stadion-Stadion Hijau yang Ramah Lingkungan

Stadion-Stadion Hijau yang Ramah Lingkungan

Akhir-akhir ini konsep greenlifestyle, eco-friendly atau apapun istilahnya sedang booming di seluruh dunia bahkan menjadi gaya hidup baru. Bidang arsitektur juga tidak luput dari trend tersebut, dilihat dari semakin maraknya konsep bangunan atau rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi.
Berikut adalah sebagian contoh dari bangunan berkonsep hijau yang merupakan stadion-stadion olahraga. Tidak hanya megah dan indah namun juga ramah lingkungan.

National Park, Washington DC, USA

Stadion ini adalah kandang dari klub baseball MLB, Washington Nationals. Stadion ini menggunakan pencahayaan yang efisien dan sistem filtrasi air yang modern. Sistem dapat memisahkan air yang terfiltasi dengan air hujan yang sama-sama digunakan untuk merawat rumput stadion.

Incheon Stadium, Incheon, Korea Utara

Ini adalah rancangan stadion yang rencananya akan digunakan pada Asian Games tahun 2014. Berkapasitas 70.000 tempat duduk yang akan dipangkas menjadi hanya 30 ribu setelah AG berakhir untuk dijadikan taman kota.

Melbourne Rectangular Stadium, Melbourne, Australia

Stadion dengan bentuk seperti gelembung air yang menggunakan lebih sedikit bahan baja daripada stadion lain. Stadion ini dilengkapi dengan lampu LED, sistem penampung air hujan dan sistem ventilasi alami yang mengurangi ketergantungan terhadap listrik.

Tokyo Olympic Stadium, Tokyo, Jepang

Konsep stadion baru yang akan menggunakan sel tenaga surya sebagai satu-satunya sumber energi listrik di stadion.

New Meadowlands, New York, USA

Merupakan rancangan kompleks olahraga yang dalam pembangunannya akan menggunakan besi daur ulang, beton ramah lingkungan dan tempat duduk yang terbuat dari plastik daur ulang.

2014 Winter Olympic Stadium, Sochi, Russia

Daya tarik utama dari stadion ini adalah dinding yang dilapisi bahan seperti kristal yang tembus cahaya ketika siang dan akan menyala ketika malam hari. Stadion ini juga akan menggunakan bahan material modern, struktur yang ringan, pencahayaan dan ventilasi alami.

Olympic London Stadium, London, Inggris

Stadion ini dibangun dengan memakai bahan-bahan material yang ramah lingkungan seperti polimer yang didaur ulang.

 

Bangunan-bangunan tsb hanya beberapa dari bangunan luar biasa yang berasal dari konsep eco-friendly. Semoga Indonesia bisa nyusul dan buat stadion dgn konsep eco friendl. 

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar